Jenis Tes Buta Warna Yang Banyak Ditanya di Kantor-kantor dan Sekolah dan Contohnya

Soal psikotes: Buta warna adalah ketidakmampuan seseorang untuk membedakan warna tertentu. Biasanya penderita buta warna tidak buta warna semua, melainkan warna-warna tertentu saja. Namum kasus ada beberapa orang (sangat jarang) yang tidak dapat melihat dan membedakan warna sama sekali. Yang dapat mereka lihat hanya warna hitam, putih dan abu-abu saja.

Tes Buta Warna Untuk Kantor-kantor dan Sekolah

Dibeberapa instansi yang bekerjanya di kantoran maupun masuk sekolah-sekolah tertentu ada sebuah tes seleksi yang sering ditanyakan (beberapa kantor dan sekolah saja), yaitu tes buta warna. Tes buta warna yang ditanyakan adalah "Tes Buta Wana Ishihara"

Baca juga: Tes Psikotes Masuk Kerja di Medan

Tes Ishihara
Tes Ishihara merupakan tes buta warna yang banyak digunakan di kantor-kantor, sekolah-sekolah dan instansi lainnya dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa/karyawan dalam tes psikotes. Tes Ishihara terdiri dari 38 set warna yang secara ekstensif menskrining buta warna. Masing-masing set terdiri dari lingkaran-lingkaran dengan titik-titik mosaik bernuansa hijau-merah-biru. Di dalam mosaik terdapat pola-pola angka yang tidak dapat dilihat oleh orang yang buta warna, tetapi mudah dilihat oleh orang normal.

Contoh Tes Buta Warna
 Silahkan jawab....
 Silahkan jawab....
  Silahkan jawab....
  Silahkan jawab....